Wajib diketahui : Bahwa domain sch.id dari Pandi (Penyelenggara Nama Domain Indonesia) tidak diberikan cuma-cuma oleh Pandi. Solusi domain website resmi SCH.ID gratis adalah dengan mengikuti panduan berikut. Wajar, umum dan realistis.
Jika tidak ingin mengikuti 4 steps ini, dan dana tidak masalah, langsung saja ke paling bawah artikel ini (TAMBAHAN IDE). Pada bagian akhir ada tambahan ide yang memungkinkan sekolah tidak memikirkan perpanjangan web tiap tahun lagi. Dan tidak memikirkan bagaimana cara membuat website sekolah yang bagi mayoritas sekolah sangat merepotkan.
Pendaftaran Website Sekolah Melalui ET.CO.ID. Panduan Step-by-step
Pada artikel ini kami memberikan panduan mencari dana untuk membayar harga domain .SCH.ID  registrasi resmi di Pandi. Cara ini gratis. Cukup menyisihkan waktu Anda untuk membaca dengan seksama dan berbagi info atau ide ini dengan pihak-pihak terkait.

Langkah-langkah ini sangat tepat untuk Admin web sekolah yang tidak ingin repot mencari cara yang harus membutuhkan keahlian sosialisasi cari dana. Pendanaan atau biaya adalah masalah klasik yang menguras pikiran banyak orang. Admin web cukup fokus di web saja. Tinggal share cara ini ke TU, Guru, Koperasi atau Kantin. Tempat sumber dana beredar. Atau mengikuti langsung 4 langkah sederhana di bawah ini.

Langkah-langkah Paling Mudah dan Murah Memiliki Web Sekolah Resmi dengan Domain Resmi SCH.ID (4 Langkah)

Langkah Pertama. Pastikan sudah ada website sekolah di blogspot.com alias blogger.com. Jika Anda biasa online, tidak akan asing dengan yang namanya blogspot.com. Servernya milik Google. Seharusnya sekolah bisa membuat sendiri di blogspot.com. Sudah banyak sekolah menggunakan blogspot sebagai server web sekolah. Jika belum ada, bisa membuat sendiri atau minta tolong dari guru yang biasa online. Pasti kenal blogspot. Atau mencari tutorial membuat web di blogspot, di internet tersedia.

Banyak orang meremehkan blogspot. Padahal kalau adu kuat dan fungsi, jelas jauh lebih mutakhir fasilitas blogspot milik Google.com ini. Dan ini jarang disadari oleh para admin web sekolah. Apa saja kelebihan web sekolah berbasis Blogspot ini bisa dikonsultasikan langsung ke ET.

Langkah Kedua. Menghitung biaya. Web sekolah di Blogspot nantinya akan dikoneksikan dengan domain resmi sch.id yang diregistrasikan melalui ET (hanya Rp 68.000/tahun). Kalau terkumpul dana 700.000, bisa langsung registrasi 10 tahun (aktif langsung sepuluh tahun tanpa repot bayar tahunan lagi). Dan pastinya tidak ada biaya bulanan.

Langkah Ketiga. Usaha mencari dana untuk membeli domain resmi SCH.ID. Ada banyak cara. Diantaranya, kumpulkan dana dari donatur minimal 75.000, idealnya unlimited donasi.
Persiapan :
Kotak donasi website sekolah. Bisa dengan kardus atau kotak mini bekas bungkus atau kaleng bekas apapun. Bisa buat beberapa, misal 5 box/kaleng. Beri tulisan yang menarik. Misal : Donasi SCH.ID, Dana SCH.ID, Kontribusi SCH.ID, dll.

Ini adalah ilustrasi perhitungan sederhana. Jika Anda menginginkan swadaya dari siswa, dengan kotak donasi domain tersebut, bisa diedarkan ke siswa.
Rp 75.000 bisa diraih dengan donasi dari tiap siswa :
Rp 2000/siswa (38 siswa),
Rp 1000/siswa (75 siswa),
Rp 500/siswa (jika ada 150 siswa),
Rp 200/siswa (jika siswa sekolah total 375 siswa, bisa memiliki web resmi dengan berdonasi masing-masing siswa dua ratus rupiah).
Jika dana donasi lebih, bisa diberikan ke Admin yang bertugas di sekolah, karena bisa jadi, admin web termasuk yang paling berkaitan erat dengan web. Bisa repot dan capek mengelola web sekolah apalagi memberikan training kepada Guru dan Siswa. Wajar jika layak mendapat dana khusus Admin web.

Target pemberi dana.  Siapa saja donaturnya ?
  1. Donasi dari siswa
  2. Donasi dari wali siswa
  3. Donasi dari Yayasan Sekolah
  4. Donasi dari sponsor ATK
  5. Donasi dari penerbit buku
  6. Donasi dari kantin sekolah dan pengunjungnya
  7. Donasi dari tukang parkir
  8. Donasi dari alumnus
Langkah Keempat. Setelah dana terkumpul, cukup dialokasikan Rp 68.500 untuk registrasi domain di ET.CO.ID.
Sudah termasuk setting domain dikoneksikan ke Blogspot yang sudah dibuat tadi di Langkah Pertama di atas. Langsung saja hubungi ET.CO.ID

TAMBAHAN IDE : Jika dana terkumpul Rp 990.000, dan belum ada dari sekolah yang canggih menggunakan blogspot, sebaiknya langsung dipesankan domain web sekolah sch.id langsung aktif 10 tahun. Sudah termasuk pembuatan web SCH2HEMAT yang disupport update web 6 bulan, konsultasi dan training untuk Admin Web Sekolah selama 1 semester via online. Plus bonus mendapat fasilitas setting G Suite for Education gratis by Google. Lumayan bisa buat simpan data sekolah unlimited online. Backup aneka data dan dokumentasi sekolah lebih mobile dan jangka panjang.


Demikian informasi cara mencari biaya untuk membuat web resmi sekolah SCH.ID. Semoga sukses!