ReCreative
ET.CO.ID

Membuat Aplikasi Pemesanan Barang Android

Sebenarnya, mengelola pemesanan barang menggunakan SMS dan WhatsApp saja sudah cukup.
Selain praktis, efisien dan hemat, juga tidak perlu database yang harus dipelihara servernya.

Jika pelanggan Anda masih di bawah 100 orang, Anda tidak perlu database untuk mengelola pesanan.

Cukup dengan WhatsApp dan SMS, Anda sudah bisa mengelolanya dengan mengkombinasikannya dengan aplikasi spreadsheet online gratisan seperti Google Spreadsheet.

Kombinasi ini adalah dengan mengoptimalkan penggunaan Google Spreadheet yang diakses via komputer, WhatsApp Web via Browser, dan SMS yang dibaca dengan app khusus seperti AirDroid yang juga bisa dikendalikan via AirDroid Web. Jika Anda menggunakan Google Chrome, bisa diinstall ekstensi AirDroid.


Kenapa menggunakan Google Sheet? Akan kami bahas nanti di artikel yang lain. Tidak perlu Microsoft Excel yang harus bayar softwarenya. Sekaligus untuk mengurangi gaya hidup membajak software. Karena berbisnis dengan software bajakan adalah tidak baik untuk masa depan Anda dan keturunan Anda.

Kembali ke masalah aplikasi pesanan barang Android. Karena kalau mengelola pemesanan menggunakan telepon ada banyak kelemahannya. Di antaranya karena tidak tercatat dan mudah lupa.

SMS dan WhatsApp sebagai App Pengelola Pemesanan Order


Jika smartphone Anda adalah Android, maka pastikan RAMnya minimal  1 GB dan memory internal 8 GB. Jangan gunakan Android ecek-ecek seperti oppo, evercoss, cross, dan merek-merek terdengar lainnya. Gunakan merek atau brand populer.

Mengelola SMS di Android, bisa dengan mudah diback-up data SMSnya ke Google Drive dengan aplikasi SMS Back-up. Jadi data SMS pesanan bisa diamankan.

Demikian juga WhatsApp, otomatis tersinkronisasi dengan penyimpanan akun Google Drive Anda.

Yang penting, jangan sampai Anda lupa password akun Google Anda. Untuk amannya, sebelum lupa password, pastikan nomor ponsel sudah terverifikasi dan terkoneksi dengan akun Google Anda.

Harga Aplikasi Android Pemesanan Barang Online

Jika jumlah pelanggan Anda sudah di atas 100, dan minimal mereka order 1x per-bulan, sebaiknya Anda segera menyiapkan budget minimal Rp 10jt untuk mengelola data dan pesanan pelanggan Anda. Plus budget pemeliharaan data Rp 500.000 per-bulan (minimal).

Kami bisa membuatkan aplikasi dengan database pengelolaan pelanggan. Lengkap dengan aplikasi pemesanan atau order via aplikasi Android. Harga mulai dari Rp 10.000.000. Tergantung jenis data yang dikelola serta fungsi olah data yang diinginkan.

Semakin lengkap fiturnya, harga akan menyesuaikan juga. Hubungi kami di email order@et.co.id