1. Biaya

a. Blogger (Blogspot)

Dikarenakan Blogspot berasal dari google, maka tidak akan dikenakan biaya Hosting atau penyimpanan selama akun google kamu belum melebihi batas limit (15gb).

b. WordPress

Untuk WordPress.org kamu butuh biaya untuk membeli domain dan hosting. Jika tidak ingin ribet, biasanya penyedia jasa hosting juga menyediakan paket dengan domain gratis jika membeli hosting dengan paket tertentu.

Kesimpulan :

biaya hosting free jika Anda menggunakan hosting blogger yang tentunya jauh lebih murah dibanding wordpress yang harus beli di penyedia jasa hosting. sehingga kita cukup perpanjang / beli domain saja pertahun.

2. Kepemilikan

a. Blogger (Blogspot)

Blogger atau Blogspot merupakan layanan yang dimiliki oleh Google dan Anda tidak memiliki kontrol penuh. Sehingga sewaktu-waktu jika Anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan mereka maka website Anda bisa dihapus kapan pun. Misalnya Anda membuat situs judi.

b. WordPress

Anda bebas menentukan seberapa lama website akan diaktifkan dan Anda adalah pemilik utama data website yang disimpan pada server hosting, sehingga Anda memiliki kontrol penuh untuk mengelolanya. namun ketika biaya hosting tidak dibayar website Anda tidak akan tampil

Kesimpulan :

Selama kita ingin membuat website yang berisi konten dengan konten yang positif maka tidak akan pernah di hapus oleh Google.

3. Tampilan

a. Blogger (Blogspot)

Untuk tampilan yag disediakan oleh pihak penyedia memang terbatas. Jika Anda ingin tampilan yang lebih menarik, kamu bisa membeli template dari pihak ketiga yang sudah banyak menyediakan. Ataupun bisa download versi gratisnya dengan credit pembuat template tersebut. Di indonesia sendiri sudah banyak pihak penyedia template degan kualitas yang cukup baik dan bagus.

b. WordPress

Di wordpress tersedia ribuan template gratis dengan berbagai macam kategori yang bisa kita sesuaikan degan kebutuhan kita. Misal kita ingin membuat blog tentang berita, makanan, fotografi, atau sekedar tampilan default untuk diary, semuanya disediakan dengan gratis.

Kesimpulan :

Untuk di blogger, biaya yang kita keluarkan untuk membeli desain yang Anda suka cukup satu kali bayar dan itupun biasanya tersedia versi gratis. sedangkan untuk di wordpress tersedia gratis dan bebas ganti2 desain.

4. Keamanan

a. Blogger (Blogspot)

Keamanan di blogspot bisa dibilang sangat aman karena langsung dikelola oleh google. tentu dengan syarat selama tidak menyalahi aturan dari google, maka website akan aman sentosa.

b. WordPress

Banyak isu bertebaran bahwa blogger lebih aman ketimbang wordpress karena langsung dari google. Sekilas memang masuk akal, tapi kenyataan dilapangan tidak sesuai ekspektasi. tentunya pihak wordpress akan selalu memperbaharui kualitas keamanannya.

5. Bandwith

a. Blogger

Bandwith atau jumlah pengunjung website tidak dibatasi oleh google sebagai pemilik blogger.

b. Wordpress

Sedangkan untuk wordpress akan dibatasi sesuai paket yang anda beli.