Windows 7 akan mendapatkan pembaruan keamanan terakhir pada 14 Januari 2020, kecuali jika pengguna membayar dukungan yang diperpanjang, begini cara upgrade gratis ke windows 10

Microsoft merilis Windows 7 pada 22 Oktober 2009, dengan komitmen untuk menyediakan 10 tahun dukungan produk. Ketika periode 10 tahun berakhir, Microsoft akan menghentikan dukungan Windows 7, sehingga akan menghentikan dukungan investasinya untuk mendukung teknologi baru.

“Akhir dukungan untuk Windows 7 adalah 14 Januari 2020. Setelah itu, bantuan teknis dan pembaruan perangkat lunak dari pembaruan Windows yang membantu melindungi PC Anda tidak lagi tersedia,” tulis laman Support Microsoft. Banyak bisnis yang berjalan pada Windows 7 Professional atau Enterprise, dan untuk mendapatkan dukungan lanjutan, mereka dapat memilih untuk ikut dalam Pembaruan Keamanan Diperpanjang Windows atau Windows 7 Extended Security Updates (ESU.

Selain penghentian dukungan teknis dan pembaruan, termasuk didalamnya adalah pemutakhiran program antivirus gratis Microsoft Essential kemungkinan tidak didukung, sehingga apabila ada lubang keamanan tidak akan mendapatkan perbaikan.

Hal tersebut tentunya menjadi kabar yg kurang baik bagi sekitar 28% pengguna Windows 7 yang masih aktiv. Untuk itu hal yang perlu dilakukan adalah beralih ke sistem operasi terbaru yaitu Windows 10.

Ketika Microsoft merilis Windows 10, ada periode di mana pengguna dengan salinan Windows 7 atau Windows 8 yang sah dapat meningkatkan ke Windows 10 secara gratis. Microsoft telah menghentikan program peningkatan ini pada Juli 2016. Pengguna masih bisa mendapatkan peningkatan berkat “program peningkatan bantuan,” yang secara resmi ditutup pada 31 Desember 2017, menandai berakhirnya semua cara untuk mendapatkan upgrade gratis ke Windows 10. Ternyata, pengguna masih bisa mendapatkan upgrade sistem mereka ke Windows 10 selama Anda menjalankan salinan Windows 7, 8 atau 8.1 yang asli. JIKA Anda masih membutuhkan peningkatan, ini mungkin saat yang tepat untuk memulai sebelum Microsoft memasang celah ini.

Lisensi 7 lama itu akan dikonversi menjadi Windows 10 lisensi digital dan setelah mendapatakan Lisensi Digital Windows 10 Anda dapat menginstal Windows 10 dari awal tanpa ada masalah. Untuk mendapatkan Windows 10, Anda hanya perlu mengunduh dan menjalankan Media Creation Tool pada Windows 7/8 / 8.1 dan memutakhirkan PC ke Windows 10. Setelah pemutakhiran, sambungkan ke internet dan lisensi Windows lama Anda akan dikonversi menjadi Lisensi Digital Windows 10.

Berikut cara memutakhirkan ke Windows 10 secara gratis;

1. Kunjungi halaman unduh Windows 10 dari sini. https://www.microsoft.com/en-us/software-download/windows10





2. Klik tombol 'Unduh Alat sekarang' untuk mengunduh Alat Pembuatan Media Windows 10


3. Buka Alat Pembuatan Media dan terima persyaratan lisensi.


4. Pilih opsi 'Tingkatkan PC ini sekarang' dan klik Berikutnya





5. Alat ini akan menanyakan apakah Anda ingin menyimpan semuanya ("Keep personal files and apps" untuk memastikan file yang tersimpan di komputer tidak hilang ketika proses upgrade berlangsung) atau memulai dari awal. Kemudian, klik "Install".

6. Setelah Anda mengklik tombol Install, Windows 10 akan mulai diinstal. Proses ini bisa memakan waktu cukup lama dan komputer akan restart beberapa kali.





7. Setelah Windows 10 selesai menginstal, sambungkan ke internet dan buka Pengaturan> Pembaruan Windows> Aktivasi dan PC akan diaktifkan dengan lisensi digital. Anda juga dapat memasukkan kunci produk Windows 7 atau Windows 8.x dan mengaktifkan Windows 10 jika perangkat belum diaktifkan.

Ingatlah bahwa penawaran hanya berfungsi jika Anda menggunakan lisensi asli Windows 7 atau Windows 8.1. Dengan mengikuti panduan ini, Anda akan menerima lisensi digital yang berlaku selama masa pakai perangkat keras.

Selama proses pemutakhiran, Windows akan terhubung ke server aktivasi Microsoft dan PC Anda memperoleh lisensi digital atau hak Windows 10. Anda akan melihat pesan “Windows diaktifkan dengan lisensi digital” di halaman aktivasi Windows (Pengaturan> Pembaruan & keamanan> Aktivasi).

Lisensi digital dikaitkan dengan perangkat dan kecuali jika perangkat kerasnya diubah, Anda dapat melakukan instalasi bersih edisi Windows 10 yang sama dengan Media Creation Tool atau file ISO, dan pengaktifannya otomatis.