ReCreative
ET.CO.ID

Rincian Modal Bisnis Ojek Online Sederhana dan Syaratnya

Ojek online sederhana ini adalah lanjutan artikel sebelumnya mengenai ide membuka usaha ojek online dengan modal murah.

Berikut rincian modal usahanya :
  1. Motor siap pakai untuk armada ojek (minimal 1 motor) +/- Rp 14.000.000
  2. Ponsel Android untuk call center yang bisa digunakan untuk aplikasi WhatsApp dan BBM serta SMS. +/- Rp 1.500.000. Pastikan ponsel Android Anda bukan ponsel ecek-ecek seperti Cross, Evercos, Andromax, Coolpad dan sejenisnya (ponsel pendatang baru dengan merek baru terdengar). Gunakan ponsel branded berkualitas seperti Samsung, Asus atau LG tujuannya untuk dapat dijadikan perangkat kerja yang handal.
  3. Buku & alat tulis untuk rekap data order, data driver dan data customer (pelanggan) Rp 100.000
  4. Biaya cetak brosur dan stiker Rp 300.000 (1000 eksemplar)
  5. Biaya pembuatan app Android untuk promosi online via Google Play Store Rp 600.000
Total modal Rp 16.000.000. Jika terlalu mahal modal tersebut, Anda bisa membuatnya lebih murah lagi dengan menjadi makelar ojek online. Cukup bermodal ponsel dan brosur serta app Android, total 2,5jt. Jika sudah punya ponsel Android, total modalnya cuma 1jt. Motor bisa dari tukang ojek yang Anda koordinasi. Anda cukup jadi call center dan koordinator ojek online dengan merk/brand Anda. Sebagai penghubung pelanggan dengan tukang ojek yang ready/siap ngojek.

Kemampuan Dasar yang Harus Dimiliki

Memulai bisnis ojek online dengan nama brand/merk sendiri di pasar lokal tingkat desa atau kecamatan atau kabupaten harus punya keberanian. Apalagi kalau belum ada pemain/kompetitornya. Selain harus siap menghadapi kompetisi dan bully dengan ojek pangkalan, juga harus siap jika tiba-tiba muncul pemain baru ojek online. Inilah bisnis.

Kemampuan wajib yang harus dikuasai sebagai syarat utama mengelola ojek online sederhana ini adalah sebagai berikut :
  1. Kemampuan dasar pelayanan pelanggan (Customer Service). Ramah, Sopan, dan Responsive.
  2. Penggunaan WhatsApp. Harus tahu bagaimana menggunakan semua fungsi WhatsApp. Terutama mengelola kontak. Karena kuncinya adalah mengelola klien agar terus berlangganan menggunakan jasa ojek Anda.
  3. Mengelola Google Contacts.Setiap pelanggan yang mengontak, simpan secara lengkap. Selain nomor telepon, alamat dan keterangan lain bisa disispkan di keterangan Google Contacts.
  4. Keamanan akun Google/Gmail. Pastikan Gmail yang Anda gunakan di ponsel tidak hilang/lupa passwordnya. Buat  dan aktifkan pengamanan dua lapis dengan notifikasi SMS pada akun Gmail di ponsel Android Anda tersebut. Kunci layar dangan pin atau pattern.
  5. Penggunaan BBM. Aplikasi Blackberry Messenger masih ada penggunanya. Terutama generasi tua/jadul.
  6. SMS backup. Banyak aplikasi untuk membackup SMS. Ini penting untuk arsip jika Anda ingin menghapus/membersihkan sms yang terlalu banyak.
  7. Google Keep. Bisa digunakan untuk mencatat pelanggan, pengingat pesanan ojek, rekap data harian sebelum ditulis di bukulaporan harian.
Demikian informasi untuk Anda peminat usaha ojek online modal murah.

Semoga bermanfaat!