ReCreative
ET.CO.ID

Ide Membuat Aplikasi Go-Jek Alternatif



Pengguna Go-Jek adalah pengguna ponsel smartphone. Pemilik smartphone tidak sebanyak ponsel biasa. Ponsel tanpa koneksi internet masih banyak di Indonesia. Dan ini adalah pangsa pasar yang tidak disasar Go-Jek.

Jika Anda serius ingin berbisnis ojek online, jangan lupakan pengguna ponsel biasa. Siapkan brosur atau kartu nama yang bisa Anda sebar di stasiun atau terminal atau di tempat penurunan penumpang (halte). Tidak masalah mereka tidak order saat itu. Pastikan di brosur atau kartu nama ada himbauan untuk menyimpan (save) nomor kontak (call center) bisnis ojek Anda. Ojek lokal pribumi tidak boleh kalah dengan ojek milik korporasi.

Jika Anda ingin mengorganisir ojek pangkalan atau ojek lokal, Anda bisa membuat call center ojek sederhana. Kenapa call center penting? Karena jantung jasa ojek model ini ada di call center. Lebih aman. Tidak bisa dihack atau diakali aplikasinya seperti ojek online yang sekarang merajalela di kota-kota besar.

Dan lagi, model ini bisa diterapkan di pelosok Indonesia. Di desa-desa, kota-kota kecamatan dan kabupaten. Membuka lapangan kerja lokal, membentengi serangan ojek yang duitnya disetor ke Jakarta.

Aplikasi Ojek Sederhana untuk Pemasaran di Android

Selain membuat call center sederhana dengan 1 operator yang siap menerima telepon pesanan ojek, aplikasi Android juga perlu untuk pemasaran online. Aplikasinya sederhana saja. Dimana, isi app tersebut, yang paling utama adalah info call center jasa ojek Anda. Konten lainnya adalah profil, ketentuan, tarif dan alamat kantor Anda.

Ini adalah app sederhana tanpa database, tanpa merekam aktivitas pemesanan, tanpa repot administrasi online. Tanpa menggunakan GPS. Aplikasi ini sepenuhnya bisa offline. Tetap bisa melakukan kontak walau tanpa koneksi internet. Kontak bisa dengan SMS atau Telepon.App model ini sulit dihack, karena tanpa database dan tanpa server.

Tujuan utama app ini adalah menyebarkan kontak usaha ojek Anda ke khalayak ramai dengan cepat dan efisien melalui aplikasi Android.

App ini memungkinkan untuk disebar viral via Facebook, WhatsApp dan app sosmed lainnya ke pengguna Android. Anda bisa membuat aplikasi sederhana ini melalui jasa aplikasi Android ET Studios.

Manfaat Call Center Ojek Online

Dengan memiliki call center terpusat untuk mengelola order dan juga sekaligus mengorganisir tukang ojeknya, ada beberapa manfaat yang bisa diambil. Antara lain :
  1. Pengojek lebih santai,
  2. Ini lebih mirip taksi, tapi tanpa handy-talkie (HT)
  3. Promosi lebih mudah, dengan brosur atau app Android
  4. Satu nomor untuk semua tukang ojek
  5. Status tukang ojek bisa dikelola dari pusat, siapa yang libur, siapa yang siap menerima order.
  6. Bisa dibuat ojek pedesaan atau kecamatan
  7. Bisa mengelola pelanggan tetap
Ini adalah ide pelengkap bagi Anda yang berniat membuka usaha ojek online yang juga menyasar pengguna ponsel biasa non-android. Jangan lupakan desain dan nama yang bagus untuk usaha ojek online Anda.

Semoga bermanfaat.