Aplikasi Android saat ini sangat memudahkan untuk melakukan banyak hal langsung dari ponsel. Mulai dari membaca buku digital, kirim data perusahaan, sampai bermain game.  Dan total pengguna Android di Indonesia sudah mencapai 80% dari total pengguna semua jenis smartphone. Kecenderungan pengguna naik masih terbuka. Karena, baru 30an juta pengguna Android, dari 120 juta lebih pengguna semua jenis ponsel di Indonesia. Dari angka tersebut, pengguna ponsel non-smartphone masih mendominasi. Cepat atau lambat akan melakukan migrasi ke smartphone. Dan pilihan terbanyak adalah ponsel smartphone Android.

Jika Anda mulai memiliki aplikasi Android dari sekarang, alias punya lebih awal, potensi dikenal oleh pengguna Android akan lebih mudah untuk jangka panjang. Apapun jenis aplikasinya.

Membuat aplikasi Android yang bagus itu memang mahal. Jika budget Anda kurang dari Rp 100 juta, jangan terlalu muluk-muluk menginginkan fungsi aplikasi yang bermacam-macam. Mulailah dari yang sederhana terlebih dahulu. Kartu nama digital misalnya. Atau buku digital sederhana. Fokuskan untuk memiliki aplikasi yang bisa tampil di Google Play Store terlebih dahulu.

Ada beberapa komponen biaya layanan pembuatan aplikasi Android yang tidak bisa ditangani oleh satu orang. Dan biasanya, pembuatan aplikasi dengan banyak fitur, juga melibatkan banyak orang dan banyak waktu, tidak bisa seminggu jadi.

Apalagi jika aplikasi tersebut menggunakan database. Misalnya database order atau database pelanggan. Diperlukan biaya bulanan untuk maintenance (pemeliharaan). Mulai dari server, back-up data, penanganan bugs, pengelolaan feedback, dan masih banyak lagi.

Banyak aplikasi milik perusahaan besar yang sering error saat update. Biayanya akan jauh lebih besar lagi.

Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Tanpa Upload ke Google Play Store

Ada beberapa cara. Berikut ini cara membuat aplikasi Android. Antara lain, yang pertama, jika Anda memiliki banyak waktu luang dan suka mengeksplorasi dunia online, silahkan gunakan tool gratis pembuat aplikasi Android online. Misalnya appypiecom atau appsgeysercom. Karena gratis, biasanya ada iklannya.

Yang kedua, Anda bisa memanfaatkan keahlian saudara atau teman Anda yang sudah mahir membuat aplikasi Android. Sampaikan keinginan Anda untuk membuat aplikasi Android. Jika sederhana tanpa proses input data atau tanpa proses simpan data, biasanya lebih mudah. Karena fungsi tersebut sudah ada di appypie  atau appsgeyser.

Ketiga, ini mudah tapi tidak gratis. Jika memiliki budget Rp 50rb, dan aplikasi Anda tidak ingin ditampilkan di Google Play, Anda bisa menggunakan jasa pembuatan aplikasi ET Studios. Aplikasi sederhana untuk keperluan internal Anda atau usaha Anda. Misalnya aplikasi pembaca web langsung dengan satu klik dari dalam aplikasi. Misalnya Anda ingin memiliki aplikasi pembaca berita 100 web berita Indonesia, Anda tinggal siapkan 100 URLnya, ET Studios bisa membuatkan aplikasi android untuk Anda. Atau aplikasi pembaca formulir online untuk proses pengisian data online. Jika sudah ada web, akan lebih mudah pembuatannya. Jika belum ada web, Anda bisa cek di laman pembuatan website.

Silahkan mencoba.