ReCreative
ET.CO.ID

Buka Usaha Ojek Online Sederhana

Jika Anda berminat memiliki usaha Ojek Online, silahkan membaca artikel ini sampai selesai. Karena banyak penanya mengenai jasa pembuatan aplikasi seperti Go-Jek, maka Tim ET menulis artikel ini.

Ini adalah ide dasar. Perencanaan detil dan pengembangannya bisa Anda teruskan sendiri.
Bahkan suami istri bisa memulai usaha ini. Modal 2 ponsel Android dual SIM dan satu motor sudah bisa membuka usaha ojek online.

Model Bisnis Ojek Online Sederhana

Gunakan metode bisnis Taksi Konvensional (bukan taksi online). Yaitu dengan menyiapkan kru Customer Service via ponsel. Sediakan nomor-nomor semua operator yang beroperasi di kota Anda sebagai kontak resmi ojek online Anda. Misal ada 3 operator seluler yang ada di kota Anda, Telkomsel, Indosat dan XL. Maka, gunakan nomor-nomor yang mudah diingat (nomor cantik) untuk kontak resmi jasa ojek online Anda.

Jangan lupakan kontak WhatsApp. Saat ini WhatsApp adalah calon pengganti BBM. Blackberry Mesenger masih perlu juga untuk menyasar orang-orang tua yang fanatik menggunakan BBM.

Setelah semua kontak resmi usaha ojek online Anda siap, armada ojek milik Anda sendiri harus ada minimal 1 motor dengan driver yang selalu siap stand-by.

Promosi

Anda buat brosur ojek online berisi nomor telepon dan tarif promonya. Misal antar-jemput sekolah cuma sekian. Atau antar-jemput ke pasar sekian. Langganan rutin Rp 123456/bln. Jasa antar jemput laundry, jasa beli makanan, jasa antar makanan. Dan seterusnya.

Cukup dengan 2 karyawan, Anda bisa memulai usaha ojek online ini. Satu karyawan standby menerima order. Satunya lagi jadi driver resmi ojek online Anda.

Jika permintaan tinggi, Anda tinggal menghitung dan merencanakan untuk memperbesar usaha ini. Bisa dengan kerjasama dengan ojek pangkalan. Atau membuka lowongan driver, dan lain-lain.

Tanpa Perlu Aplikasi Android

Aplikasi Android untuk ojek online model ini tidak diperlukan. Sederhana dan hemat.
Jika kurang mantap membuat atau cetak brosur, cukup buat logo sedrhana dan sebar promo via WhatsApp teman-teman dan group. Siap terima order dari rumah.

Kalau bisa simpel, tidak perlu repot-repot mengeluarkan biaya besar. Aplikasi Android belum tentu bisa membuat laba. Malah kadang bisa boros di pemeliharaan dan operasional. Aplikasi Android buatan ET.CO.ID cocok untuk membuat brosur usaha ojek online sederhana ini. Buat sekali, tanpa perlu keluar biaya operasional dan pemeliharaan aplikasi. Nyaman.